BREKSI Sisa Penambangan Batu Kapur Yang Jadi Obyek Wisata




Pada mulanya masyarakat  penambang di bukit Breksi tak  akan mengira dinding-dinding batu setinggi 20-30 meter yang membujur ratusan meter akan menjadi tempat wisata terkenal.Sisa penambangan itu memang menciptakan bentuk yang aktraktif,berlapis-lapis seakan sebuah kukisan ribuan tahun lalu.

Sekarang Masyarakat setempat tetap aktif menambang batu di sebelah utara bukit.Sama seperti sisi selatan dindingnya membentuk lapisan-lapisan yang indah seperti sengaja di ciptakan.Tetapi tempat ini belum dimanfaatkan sebagai tempat wisata karena bisa mengganggu aktifitas penambangan.

Setelah foto-foto bukit Breksi masuk media tak ayal menjadi daya tarik  kaum mudanya.Mereka yang lagi gandrung  media sosial seperti Instagram,Face Book,G+, tiap akhir pekan  mendatangi sekedar berfoto ria.Bahkan menurut tukang parkir saat liburan  panjang  pengunjung  sangat ramai dari berbagai daerah. Tujuan mereka sama berburu foto dengan backgraund bukit Breksi.

Dari atas puncak kita bisa melihat panorama  candi prambanan dan kota jogja.Begitu juga gunung merapi kalau cuaca tidak nendung tampak nyata.Sangat menarik di abadikan lewat foto.

Orang  mudah naik ke puncak bukit karena ada tangga alami  berupa undakan  batu pahatan yang membelah dua.Menyisakan sebuah bukit kecil di sebelah timur.Untuk menambah daya tarik ada sentuhan para seniman dengan membuat relief cerita wayang juga patung semar.


tempat parkir motor dan pedagang makanan ringan.tangga ke atas bukit Breksi memisahkan dinding batu di timur.

Bukit Breksi berjarak sekitar 18 km sebelah timur kota Jogja.Melewati jalur utama Jogja -Solo,pas di lampu merah sebelum terminal Prambanan belok kanan ke arah jalan menuju Piyungan.Setelah melewati komplek Candi Ratu Boko tak jauh dari situ ada plang penunjuk ke arah Candi Ijo kita belok kiri.

Jalan terus sekitar 3 km sampai ketemu lagi penunjuk arah ke Candi Ijo,Tebing Breksi,Watu papat belok kiri.Jalanan mulai menanjak dengan kondisi lumayan mulus sebagian ada yang di cor.Di jalanan yang terus menanjak nanti akan ketemu spanduk sebelah kiri jalan.Selamat datang di Taman Bukit Breksi.Letaknya di dusun Groyokan,Sambirejo,Prambanan di bawah Candi Ijon yang sudah lama terkenal.

Taman Breksi yang mulai resmi di buka pada tahun 2015 masih gratis bagi pengunjung.Kita akan di kenakan tarif parkir kendaraan untuk motor 2000 saja.Tapi petugas parkir biasanya akan minta uang masuk secara suka rela.Kemaren saya hanya kasih uang 5000 buat  parkir dan masuk

tangga ke atas dari batu ke atas bukit Breksi.

patung semar di dinding sebelah timur.

dinding bukit breksi tampak dari depan.

Tempat parkir di Bukit Breksi cukup lumayan luas ada yang di atas dan bawah.Sarana lainnya pedagang makanan ada di kios juga di luar.Begitu juga toilet yang lumayan bersih.Untuk sarana ibadah ada Masjid jadi pengunjung tak perlu kuatir.Dan paling utama bagi pengunjung yang mau ke Breksi jangan ketinggalan Topi,Payung,dan pantang ketinggalan kamera  maupun HP yang paling utama.

artis sinetron sedang berfoto di Bukit Breksi.

kata kata menarik di puncak Bukit Breksi.


BREKSI,Maret,2017.

Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN