SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

__Kalau pergi ke jasa tukang potong rambut di Jabotabek dan kebetulan kita tanya asalnya sebagian besar adalah pedatang dari Garut(ASGAR),dan dari wilayah Bagendit.Tapi rupanya bukan hanya potong rambut saja yang menjadi ciri khasnya  masyarakat Garut khususnya daerah Sukawening,ada pekerjaan lain seperti TUKANG SOL SEPATU.

Belum lama saya berbincang dengan Mang Ridwan Yang buka Service Sepatu(Sol Sepatu di sebuah kios di jalan PROKLAMSI UJUNG DEPOK),tepatnya di sebelah klub Catur Pion baja Chess Klub.Menurut penuturannya ia sudah kenyang pengalaman yang berhubungan dengan sol sepatu . Sebelum buka   sudah punya pengalaman selama 5 tahun di pabrik sepatu Tanggerang.Tapi berhubung  krisis ekonomi  banyak pabrik mengurangi pesanan terpaksa berhenti kerja.

Rupanya pengalaman  di pabrik bisa di manfaatkan untuk mencoba mengkais rejeki dengan membuka jasa sol sepatu. Berbagai wilayah di daerah jabodetabek pernah menjadi area kerjanya.Seperti Parung,BSD,Ciledug dan juga Depok.Dengan alat sederhana keliling kampung dengan dipikul mencari orang yang perlu memperbaiki sepatu atau sandal yang rusak.

Setelah berpindah berbagai tempat Kakaknya yang punya usaha  Sol Sepatu di kios yang cukup lumayan mengajaknya di daerah Tanjung Priuk.Cukup ramai usahanya rata-tata 10 sampai 20  orang  tiap harinya yang meminta jasanya seperti menjahit,mengelem atau ganti bawahan.Mang Ridwan begitu saya menyapanya  cukup lama juga membantu kakaknya kurang lebih 6 tahunan.Tapi berhubung biaya kebutuhan semakin banyak Ia memutuskan untuk mandiri lagi.

Bersama teman dari desa Sukawening Garut ia menyewa tempat bersama untuk sekedar istirahat.Selama satu tahun sebelum nyewa Kios seperti sekarang masih memikul keliling di sekitaran Depok Timur.Rupanya masyarakat tempat Mang Ridwan tinggal Sukawening banyak sekali yang. berprofesi sebagai tukang Sol Sepatu.Bahkan menurut penuturannya ada sampai Pulau Bali.Tiap tahun pulang kampungnya sementara Mang Ridwan 2 Bulan sekali pulang .Selain untuk ketemu istri dan kedua anaknya juga menengok ladang untuk membantu isterinya mencangkul,menanam maupun memanen.



  servise sepatu masih dicari konsumen

       Mang Ridwan dan pelanggan.      .                    tlp: 085 959 510 612

Sekarang Mang Ridwan sudah menempati Kios permanen jalan 3 bulanan.Rencananya kalau kontrakan lamanya sudah habis untuk ngirit ongkos akan tinggal di Kiosnya dan buka sampai malam.Bagi pembaca yang tinggal di sekitaran Depok Timur atau Prunas dan kebetulan sandal,sepatu ada kerusakan sedikit bisa datang ke jalan Proklamasi ujung samping Warung Catur Pion Baja.

Semoga usaha Mang Ridwan bisa jalan dengan lancar dan banyak pelanggannya.Konsumen juga tidak perlu nunggu tukang sol keliling kalau butuh untuk perbaikan.Seperti menjahit,ngelem atau ganti bawahan.Soal ongkos kisaran 10 sampai 30 rb tergantung kerusakannya.Jangan lupa kios Mang Ridwan di Proklamasi Ujung Depok,sebelah Warung Catur "PION BAJA".                 


lanting8karanganyar.blog





Komentar

  1. Woy anjing mang Ridwan gblok... Itu nomor wa gw anjing... Nih pelanggan lo banyak yang chat ke gw babi emng... Gw santet lo Ridwan monyet

    BalasHapus
  2. Gw baru sadar 1 tahun ini di teror sama org gblok ini anjing.. Ganti nomornya babi

    BalasHapus
  3. ternyata anjing sama babi punya watsap...

    BalasHapus

Posting Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN