Nasib Supir Angkot Jaman Sekarang





~Hari Minggu saya tidak punya acara.Warung catur tempat  biasa nongkrong tampak sepi.Kata si empunya lapak sebagian lagi ikut turnamanen di suatu tempat.Lagi mikir mau pergi kemana teman  nongkrong yang berprofesi supir Angkot mengajak ikut narik.Dari pada bengong sendirian di lapak catur saya mau ajakannya.

Sebenarnya  trayeknya harusnya sampai terminal Depok tapi supir jarang narik sampai rute akhirnya.Selain macet kalah bersaing dengan mobil keluaran baru yang bodinya lebih lebar jadi duduknya tidak terlalu berdesakan.

Jam sepuluh siang angkot teman mulai jalan.Belum begitu jauh seorang ibu dan anak balitanya nyetop.Penglaris pikir saya...? Ternyata sampai route penggabisan hanya tambah 2 orang jadi bisa hitung sendiri 3 rb x 3 cuma dapat 9 rb. Teman ngetem nunggu penumpang sambil ngobrol bosa-basi.Ditunggu sampai  cukup lama,cuma dapat satu.Ya lumayanlah dari pada kosong siapa tahu di jalanan ada tambahan penumpang.Ternyata hanya satu dua yang naik.

Saya pikir apa ini dampak ojek online ...? Apa penumpak lagi pada malas keluar kebetulan tanggal tua  orang ngurangi pengeluaraan dulu nunggu gajian.Atau mudahnya kridit motor hingga hingga tiap rumah bisa punya lebih dari satu.Pantesan  akhir-akhir ini banyak kenalan SOPIR ANGKOT sering ngeluh...ternyata narik angkot di KOTA depok sulitnya bukan main.Tapi teman masih optimis,siapa tahu ada rombongan yang naik.Biasanya pas hari Minggu ada saja yang cater untuk  acara pengajian atau kondangan.Tapi rupanya belum rejekinya sampai sore penumpang masih sepi-sepi saja,cuma satu dua seperti penumpang ojek saja. Padahal jalalan  cukup ramai bahkan sedikit macet di tempat tertentu.Tapi penumpang angkot sepertinya menghilang.Beda dengan angkot keluaran baru, penumpang masih lumayan.

Jam 8 malam akhirnya teman menyudahi narik.Setelah di potong bensin dan uang setoran ada lebihan dikit.Saya di traktir makan di WARTEG langganannya. Beberapa supir yang lagi makan atau ngopi istirahat lagi bercerita.Rupanya mereka juga mengeluhkan tentang sepinya penumpang dan dapatan yang sangat minim.Rasanya jadi supir jaman sekarang tidak bisa di harapkan lagi.Tapi mau alih profesi bukan perkara mudah.Hanya nyupir ketamprilan yang di miliki.

Untuk kebutuhan sehari-hari saja harus banting tulang peras keringat. Dan saya jadi sering mendengar beberapa supir  angkot kawakan berapa kali ganti mobil dan jalur trayek.Sebelum motor menjamur seperti sekarang,begitu juga adanya ojek online menjadi Supir angkot boleh diharapkan penghasilannya. Dulu ibaratnya...,supir angkaot tak perlu teriak-teriak mencari penumpang.Tak perlu ngetem lama, penumpang akan datang dan mencarinya.

     supir angkot sepi penumpang.

Jaman rupanya sudah berubah.Mobil angkot tak terkendali jumlahnya tanpa batas.Sekarang malah tambah saingan motor online juga mobil online yang tarifnya lebih murah.Sekarang masyarakat juga sangat mudah untuk kridit motor,hingga mengurangi penumpang Angkot.

Sehari-hari keluar kerja atau keperluan lainnya cukup naik motor.Bahkan anak sekolah SMP/SMA yang belum cukup umur untuk mendapatkan SIM banyak yang nekat mengedarai motor atau sekedar main.Padahal dulu jaman jayanya pelajar termasuk penumpang yang jadi andalannya.Biarpun ongkosnya murah di banding penumpang umum.

Roda memang selalu berputar tiap masa.Kadang ada diatas pada saatnya ada di bawah.Begitu juga dengan rejeki dan kehidupan.Yang paling penting tetap berusaha....terus usaha tanpa henti.Kita tidak tahu kehidupan dan rejeki datang esok...?Bukankah begitu Bang...!Dan supir angkot teman saya hanya menganggukan kepala...Entah apa maknanya.....?


lanting8karanganyar.blog

Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN