BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

_Mudik  kekampung halaman apa yang di lakukan...?Bagi saya selain ketemu sanak saudara, keluarga, teman lama untuk silaturahim juga bisa merasakan makanan khas kampung halaman. Apa makanan yang paling  disuka saat masih tinggal di kampung saat itu...SOTO dan Mendoaan....!?

Bagi saya pribadi dua makananan itu sebenarnya masih bisa di jumpai di kota tinggal sekarang.Tapi rasanya gimana...kurang afdol .Waktu masih tinggal di kampung saya paling demen dengan kedua makanan tersebut.Rasanya dalam seminggu bisa makan 2 sampai 3 kali dan tak pernah merasa bosan.Dan satu lagi paling demen  jajan didalam warung-warung di dalam pasar. Saya sendiri tidak terlalu faforit dengan sebuah warung atau penjualnya.Makanya sering gonta-ganti tempat ,yang penting standar saja rasanya.

Pada tiap mudik yang belum tentu setahun sekali,kalau udah bosan dengan makanan rumah,seringnya ngeluyur kepasar untuk mencari kedua makanan tersebut.Kembali nostalgia saya sambangi tempat yang dulu sering kunjungi..Kebanyakan penjualnya masih tetap,dan sebagian masih ingat keberadaan saya. Dibawah ini saya sajikan cara bikin Soto dan Mendoan dari obrolan bisik pemilik warung tempat saya biasa mangkal.Lain warung mungkin ada resep khususnya,jadi ada perbedaan sedikit rasanya.....!

SOTO AYAM GOMBONG

BAHAN SOTO

1.Ayam kampung setengahnya
2.Mie Suun
3.kubis
4.krupuk merah-putih(dari singkong).
5.Berkedel Singkong.
6.Daun sledri./daun bawang dipotong tipis.
7.Kecambah hijau
8.Kecap
9.Sambal godog.
10.Kacang goreng
11.bawang goreng.

BUMBU HALUS

1. Bawang putih 6siung
2. Bawang merah 3 siung 3.Jahe 3 cm.
4 .Kunir 3 cm.
5. Kemiri 5 biji.
6. lada 1 sendok teh.
7. Laos 3cm .
8. Serai 3 batang.
9. Daun jeruk daun salam.

CARA BIKINNYA

* Potong ayam kampung menjadi 4 bagian rebus dengan air 1000 cc sampai empuk sisihkan.Kemudian goreng sampai matang.

* Haluskan bumbu menjadi satu tumis sebentar.Masukan juga laos,serai di keprek juga daun jeruk,daun salam dalam bekas rebusan ayam untuk kuah sotonya .Panaskan dan tambah air sampai mendidih jangan lupa masukan gula jawa dan garam sampai pas rasanya.

BERGEDEL SINGKONG:
*Cara bikin perkedel sama kaya bikin gethuk.Kupas singkong potong kecil-kecil kukus sampai matang.Selagi masih panas tumbuk sedikit-demi sedikit sampai halus merata.Tambahkan bumbu bawang putih,lada,garam, kunyit yang dihaluskan.Bikin bulatan sesusai selera goreng sampai mateng kekuningan.

*Suun-ubis-kecambah hijau rebus sebentar tiriskan.

CARA PENYAJIAN :

*Masukan semua bahan dalam mangkok soto suun,ubis,cambah jijau .suwiran,ayam,kacang tanah,krupuk singkong yang dihacurin,bergedel singkong,kasih kuah sotonya.
Jangan lupa kasih irisan daun sledri, brambang goreng. Lebih mantep bagi yang suka pedes dengan sambel rawit godog....!

    dulu sering jajan disini.


tempe mendoan


MENDOAN GOMBONG

Bahan dasar mendoaan di wilayah Gombong-Kebumen mudah sekali di dapat dipasar.Satu bungkus isinya ada 2 tempe jadi tak perlu di potong tipis seperti di tempat lain.Untuk membuat mendoan yang di butuhkan.

1.Tempe

2.Tepung terigu campur dikit beras.

3.Potongan daun bawang

4.Minyak goreng


Bumbu yang di haluskan :lada,ketumbar,kunyit,garam,bawang putih,

*Campur bumbu halus dengan tepung terigu kasih air sampai pas untuk untuk membuat tempe mebdoan.Jangan lupa kasih potongan daun bawang.Adonan jangan terlalu kental-encer.

*Siapkan minyak di penggorengan sampai panas.Masukan bahan tempe ke adonan tepung,hati-hati nanti tempe bisa patah.Terus goreng dengan api kecil 2-3 tempe saja atau sesuai wadah penggorengsnnya.Jangan lupa di balik supaya matengnya merata dan agak kekuningan.

Kalau buat mendoan asal tepungnya udah mateng langsung diangkat,kalau ingin mateng kering lebih lama lagi.Dimakan anget pakai cabe rawit atau saus sambel pas tenan.Hujan-hujan makan mendoan di temani teh tubruk anget terasa nikmat.


Dulu saya tinggal di Karanganyar-Gombong jadi lumayan hafal tempat mendoan soto yang lumayan enak.Barang kali itulah hasil Resep Bisik-Bisik saya mungkin ada yang ingin mencobanya.Soto yang sering saya singgahi Soponyono,Kauman,pasar gombong,dekat SMAN dan pasar Karanganyar....dan kebeteluan anaknya pernah kerja bareng sama saya.



*gombong-karanganyar...2016.


Foto soto dari google.








Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN