Lukisan Karikatur Tujuh Menit:Seni lukis Pensil




- Entah apa profesinya tetap semangat mengikuti jalur yang benar pasti akan ada hasil yang di peroleh.Begitu juga sosok lelaki berambut panjang dan mengaku punya keahlian seni lukis belajar secara Otodidak saja.Dan untuk hidupnya sehari-hari dan paling utama bisa menyalurkan hobi melukisnya menerima order Lukisan Karikatur Wajah.

Pertama kali bertemu dengan Bung Tungul begitu saya memanggil terjadi tak sengaja.Saat itu kebetulan mengunjungi rumah makan sepupu di bilangan Jakarta.Kebetulan di bagian depan  ada ruang kosong yang tak terpakai lagi.Dan jadilah Bung Tunggul memajang beberapa conoh Lukisan Karikatur buatannya untuk memancing pengunjung restoran yang ingin wajahnya di lukis karikatur.Contoh lukisannya beberapa tokoh publik dan yang pernah menjadi modelnya.

Bung Tunggul Panjaitan pekerjaan yang berhubungan dengan seni lukis pernah di jalani.Sebagai ilustrasi beberapa majalah,membuka kursus melukis,membuat lukisan fota dan sekarang membuat jasa Lukisan Karikatur Wajah.

Lukisan karikatur wajah yang di buat cukup kilat,di atas kertas gambar dengan pensil.Menurut pengakuannya tak akan lebih dari tujuh menit model cukup berdiri di hadapannya Ia akan melukis karakter yang paling cocok dengan wajahnya.

Bung Tunggul yang senang hidup bebas dalam arti sebenarnya.Masih hidup sendiri dan selalu pindah temat dalam menjual jasa lukisan karikatur wajah.Tapi yang paling penting tempat keramaian dan untuk menarik pengunjung akan menggelar contoh lukisannya sebagai daya tariknya.

Bisa di katakan studio alamnya ada di mana-mana.Dia akan melukis wajah modelnya secara langsung di tempat tersebut.Obyek wisata  baik yang ada di Jakarta maupun.di luar juga seringmenjadi tempat tujuan.


    bung tunggul di depan karikaturnya


.

     lukisan tujuh menit bung tunggul


Siang itu yang lumayan panas kebetulan ketemu lagi dengan Bung Tunggul.Di lalu-lalang keramaian masyarakat mempersiapkan hari Raya Idul Fitri ngobrol cukup lama dengannnya.Saya yang awam tentang seni lukis cukup mendengarkan cerita pengalamannya selama ini.

Rupanya Bung Tunggul cukup sabar menunggu konsumen yang datang minta jasanya.Tapi bulannya kurang tepat,orang lagi sibuk persiapan lebaran mana sempat mikir tentang lukisan segala.Untuk sebuah lukisan karikatur wajah yang di buat di patok 50 ribu saja.Sebenarnya cukup murah untuk sebuah karya seni,bahkan sering mendengar sebuah lukisan yang menurut saya begitu harganya bisa di atas ratusan juta.Saya pribadi melihat contoh lukisan karikaturnya  terkesan aneh,lucu dan punya rasa humor saja.

Dan menurut penuturannya di Lebaran nanti punya rencana akan mencoba peruntungan di Taman Mini Indonesia Indah( TMII ),di lanjutkan ke Pantai Pangandaraan wisata yang cukup terkenal.di ujung timur jawa barat.Menurut pengalaman selama ini di tempat keramai ada saja pengunjung yang minta jasa membuat lukisan karikatur wajah.

Saya ngobrol lumayan lama di atas jembatan yang menuju ke sebuah mall pertama di DEPOK.Orang yang lewat semakin ramai saja sampai agak sulit jalan.Bang Tunggul rupanya masih setia menungu orang yang minta jasanya penuh optimis.Hidup mengalir seperti air sungai tidak menyerah pada nasib.Dan tetap setia dengan pilihan hidupnya yang bagai sebagian orang  di pandang sebelah mata.Tapi baginya seni lukis adalah panggilan jiwanya.

Dan hari ini katanya baru mendapat order melukis wajah karikatur 2 kali.Sayang saya sedikit terlambat tak sempat melihatan kecepatan dan ketrampilannya dalam membuat karikatur 7 menitnya.Tak apalah yang penting saya tahu dikit tentang apa itu seni lukis darinya...selamat berjuang Bung Tunggul Panjaitan.


lanting8karanganyar.blog










Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN