DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN

- Pada saat   pertama  kali belajar menulis di blog sering kali kehabisan bahan tulisan. Akhirnya baru  jalan setengahnya otak menjadi buntu  mandeg di tengah jalan bahkan tak terselasaikan.Semangat awal yang menggebu untuk membuat artikel jadi kendor kembali.

Untunglah tanpa sengaja  ketemu teman  sewaktu SMA dan sekarang cukip eksis menjadi wartawan koran lokal di kota jawa tengah. Sebagai wartawan dituntut rajin menulis artikel tiap hari untuk medianya.Pada mulanya memang berat tapi karena seringnya menulis akhirnya lancar seperti aliran sungai bengawan solo

Dari pertemua tersebut  baru menyadari dan mendapat ilmu yang berguna kepada saya, bawasannya inspirasi tidak datang begitu saja tapi sebaliknya kita yang harus rajin mencarinya.Sumbernya menurut teman ada didalam kehidupan kita sehari-hari..Apa saja dan dimana...!?

1.Apa  yang kita dengar...

Dalam mencari bahan tulisan semua yang kita dengar adalah sumber  tulisan.Asalnya dari mana saja baik langsung maupun tidak langsung.Waktu kita ada di ,warung,,tempat kerja,sekolahan bahkan dari yang paling dekat seperti rumah.Tidak perlu jauh  mencarinya tinggal pilih mana yang bisa menjadi bahan untuk di kembangkan menjadi sebuah tulisan.Ambil  yang paling cocok dan  refrensi yang kita punya .Misal mendengar remaja yang kedapatan mencuri,kita bisa menulis tentang Kenakalan Remaja.

2.Apa yang kita lihat...

Dalam kehidupan sehari-hari pasti sering melihat  kejadian  yang menarik.Dalam perjalan kerja maupun sekolah banyak  kita jumpai berbagai macam peristiwa.Bisa saja  salah satunya menjadi bahan tulisan kita.Misal melihat penggusuran di suatu kawasan  kita buat tema tulisan  tentang Masalah Sosial warga  pinggiran dan dampak pembangunan.

3.Apa yang kita baca..

Saya yakin sebagian orang suka membaca baik berita mapun artikel .Bisa lewat tabloid,koran,majalah.,atau  lewat internet. Entah apa yang dibacanya selera masing-masing yang penting menarik minatnya

Misalkan membaca suatu tempat wisata dan kebetulan pernah datang ketempat bersangkutan dan punya fotonya pula.Kita bisa saja buat tulisan Bertemakan Wisata berdasarkan pengalaman pribadi dan kesannya. Boleh dan sah tulisan orang lain jadi inspirasi ,asalkan jangan mengcopy sepenuhnya.Yang penting hindari plagiat, tulislah dengan karya yang orisinil sendiri.

Nah itulah sedikit yang bisa berikan,ketika inspirasi tak kunjung datang.Dan saya pribadi belum bisa kerjakan  hal tersebut dengan baik tapi lumayanlah tidak sampai mandeg menulis biarpun hanya tulisan ringan dan sederhana.

lanting8karanganyar.blog

Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK