USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI





- Bagi orang yang jeli dan bisa memanfaatkan celah pasti bisa membuka usaha walaupun dalam skala kecil.Dengan modal tak terlalu besar,katakan di bawah satu juta tapi bisa mendatangkan laba lumayan.Setidaknya kelangsungan dapurnya bisa terpenuhi tiap harinya walaupun cuma sederhana.

Tiap pagi hari sekitar jam 6.30 sampai sore hari(bubaran anak sekolah) banyak di jumpai pedagang makanan dan mainan yang menjajakan dagangan di luar pagar sekolah.Sebelum anak masuk sekolah,istirahat,pulang saat itulah bagi pedang  mereka tunggu.

Anak -anak akan mengerubuti jajanan,mainan atau sekedar menemani temannya membeli yang mereka inginkan.Melihat keruman anak saya yakin setidaknya tiap harinya cukup laku jualannya.Dan di sela murid lagi masuk kelas,saya coba iseng tanya pada pedagang yang saya kenal.Ternyata dia telah menjalani jualan mainan puluhan tahun lamanya.Melihat dia cukup bertahan lama saya yakin pendapatannya pasti cukup lumayan.

Pada kenyataannya jaman sekarang memang sangatlah sulit untuk mendapatkan pekerjaan baik negeri maupun swasta.Apalagi yang cuma skil dan ijasah standar kita akan kalah bersaing.Tapi bagi yang mau usaha dan tidak malu bisnis Mainan maupun jajanan anak juga akan mendatangkan rejeki.Apalagi usaha ini tidak memerlukan modal besar dan skil yang tinggi.

Salah satu pedagang yang saya kenal sudah rutin menjalani usaha ini sejak anaknya baru lahir sampai sekarang sudah masuk SMP.Mainan yang di jual macam-macam tergantung musim dan akan selalu berganti tiap saat.Pada saat ini katanya gambaran yang paling laris,dan mungkin akan ganti jenis mainan lainnya.

Tapi biarpun begitu Bapak tiga anak ini menyediakan barang lainnya seperti Poster,Striker,gantungan kunci,lego,dan permainan sulap sederhana.Dari puluhan pedagang memang dia satu-satunya yang selain menjual mainan umumnya juga permainan sulap.


 anak-anak melihat mainan pas istirahat


Jam 6 pagi sudah berangkat untuk berjualan sekaliyan mengantarkan sekolah anaknya.Sengaja pagi karena harus menata dagangan dan sebelum masuk sekplah ada saja anak yang membeli dagangannya.Bapak ini tidak menetap di satu tempat,karena seminggu berikutnya pindah jualan kesekolahan lain.Hal ini di lakukan karena jualan utamanya Sulap Sederhana,beda dengan pedagang lainnya.

Pada umumnya sekolah SD di kota DEPOK masuknya dari pagi sampai sore,jadi pedang yang ada rata-rata jualannya seharian,sampai bubaran sekolah sore hari.Tapi rupanya Bapak ini tidak hanya berjualan di sekolah saja,saat hari Minggu atau liburan sering berdagang Pasar pagi yang ada tiap hari Minggu saja.Katanya lumayan juga pembelinya.

Sebagian barang yang di jual di dapat Pasar Pagi di derah Kota,pusat agen mainan terbesar di JABODETABEK.Tiap 2-3 minggu akan belanja stok barang sekalian mencari informasi mainan yang lagi ngetrend.Sebagai penjual mainan anak harus jeli dan tahu apa yang lagi digemari anak.Agen langganan juga biasanya memberi tahu barang yang lagi laris maupun keluaran baru.

Dan untuk trik sulapnya selain membeli alat peraga yang sudah jadi biasa bikin sendiri.Harga dagangannya murah saja antara 1000 sampai 10 sepuluh ribu saja.Yang paling mahal alat peraga sulap.Dan biasanya hanya membawa kalau ada yang pesan.Untuk menarik pembeli Ia harus pandai memeragakan trik sulapnya di depan anak-anak.

Dan sepertinya anak-dan mainan 2 hal yang tak pernah terpisahkan.Sampai sekarang biarpun muncul permainan baru yang serba canggih dan modern,tapi mainan anak clasik masih banyak peminatnya seperti,kelereng,gambaran,gangsing,mobilan,boneka dan lainnya.

Ohya,Bapak ini juga dulunya sering berjualan poster,striker,bendera saat ada pertandingan bola khusunya Timnas yang bermain.Cukup lumayan juga yang terjual,pernah sekali Penulis ikut dengannya dagang sambil melihat keramain pendukung bola.


    istirahat anak-anak mencari jajanan

Ketika di Tanya penghasilannya Bapak yang suka main catur di waktu luangnya hanya menjawab " Cukuplah untuk kebutuhan rumah tangga dan sekolah 3 anaknya".Dan yang pasti selama masih ada anak sekolah tak perlu takut kehilangan rejeki dan penghasilan.Pas liburan panjang saja agak terasa,untunglah masih bisa berjualan di pasar pagi maupun pasar malam yang sering diadakan di sekitaran kota Depok.

Itulah sedikit cerita Pak Yanda sahabat saya,teman ngobrol dan main catur.Selamat berjuang pak.....!.


lanting8karanganyar.blog












Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN