Angklung Carehal Ramaikan Pedestrian Malioboro




Bagi wisatawan ke Malioboro  selain jalan-jalan,belanja(jajanan khas,suvenir,batik),menikmati kuliner jogja, berfoto di spot-spot menarik.Tapi jangan lewatkan  melihat pertunjukan Angklung Jalanan Carehal.Bukan hanya jadi penonton  kalau pede ikut berjoged bersama penarinya sambil di foto atau dibuat  videonya.

Angklung CAREHAL (Cari Rejeki Halal) memang jadi hiburan  wisatawan yang kebetulan mampir Malioboro.Tiap hari mulai jam 4 sore -  9 malam mereka hadir menghibur pejalan kaki dengan musik angklungnya.Bukan lagu campursari saja yang di mainkan jenis musik lainnya seperti pop,dangdut,regge,barat.Pengunjung juga boleh pesan lagu kesukaanya dengan imbalan  20 rb per lagunya.Kalau mau nyawer malah lagunya gratis bisa ikut berjoged rame rame.

Setiap lagu berakhir salah satu anggota mengedarkan kotak partisipasi ke pononton.Karena main angklungnya profesional lagunya enak plus penarinya menarik banyak pengunjung suka rela memberi uang.Selain menghibur kehadiran Angklung Carehal jadi nilai tambah Malioboro.Sehabis jalan-jalan wisatawan  istirahat di bangku taman dihibur musik angklung gratis.

Kalau hari biasa  agak sepi berbeda pas liburan  ramai banyak wisatawan berbagai daerah datang.Musim liburan  bukan pedagang Malioboro saja yang panen,Angklung Carehal ikut kecipratan rejeki.Banyak penonton   berjoged sambil nyawer.Hebatnya bukan uang recehan banyak yang ngasih 50 rb bahkan 100.

Dari obrolan  pedagang ronde tak jauh tempat angklung bermain dapat bocoran katanya bisa dapat  1 juta lebih tiap sore saat liburan datang.Kalau di hitung jumlah anggota sekitar 10 0rang setidaknya 1 orangnya kebagian 100 rb cukup lumayan untuk hidup di kota Jogja.



          Angklung Carehal Malioboro



              Penari angklung carehal

Selain pemasukan dari ngamen di Malioboro sepertinya masih ada pemasukan lainnya.Sering mendapat panggilan untuk menghibur di acara sunatan,perkawinan,tempat wisata.Bukan itu saja mereka tiap sore selalu berganti kostum kaos/baju kalau tidak salah dari sponsor.Tentunya mendapat tambahan apalagi masuk video youtube.Seperti sore itu mereka memakai kaos dari salah satu jasa pariwisata.

Ternyata kalau kita buka video youtube chanel angklung carehal banyak penontonnya.Lebih ratusan lagu dari berbagai aliran  tapi terbanyak  tetep campursari.Video yang di unggah pengunjung tak kalah banyaknya.Tentunya menarik bagi orang di luar daerah mau datang ke Malioboro ingin lihat secara live pertunjukan angklungnya.

Sebenarnya  bukan hanya Angklung Carehal  saja ngamen di Malioboro.Malam hari mulai jam 9 juga ada angklung lainnya bergantian,tempatnya agak keselatan.Mereka biasa main sampai jam malam menghibur pengunjung yang suka ngalong.Saya pribadi jarang begadang seringnya nonton Carehal saja.

Selain di tonton wisatawan lokal musik angklung ternyata menarik wisatawan luar.Selain membuat foto,video sering bule-bule ikut joged sambil nyawer.Tentunya gerakan jogednya yang lucu jadi hiburan sendiri bagi penonton.Bukan itu saja beberapa publik figur tanah air  kebetulan dolan Malioboro ikut joged bersama pengamen angklung.

Ternyata  wisatawan sedang berkunjung ke Malioboro merasa senang adanya pengamen Angklung.Selain ada hiburan gratis juga mainnya profesional baik pemusiknya maupun penarinya.Penonton juga tidak terganggu minta uang partisipasi karena sopan dan tidak memaksa.Malahan suka rela masukin ke kotak sumbangan.

Banyak malah pengunjung minta foto bareng penarinya maupun latar belakang musik angklung.Mungkin moment ini jadi bukti kalau sudah mengunjungi Malioboro.Sekarang bukan lagi kraton jogja,alun-alun,titik nol,monumen tugu,pasar beringharjo,untuk di tunjukan sahabatnya sudah mengunjungi Maliobor malahan foto /video bareng Angklung Carehal.Malahan lebih Mantul karena beda dengan lainnya apalagi di unggah di internet.

Malioboro 19-1-2019































Komentar

post populer

TUJUH KULINER BAWAH JEMBATAN JANTI YANG PERLU DI COBA

MAS FAUNG PENJAHIT KELILING JOGJA

Taman Wisata Wana Griya PANTAI COGREG

Reperasi Tas&Koper Mas Kambari Depok

USAHA MAINAN DAN JAJANAN DI SEKOLAHAN TAK PERNAH MATI

SOL SEPATU MANG RIDWAN DI JALAN PROKLAMASI UJUNG DEPOK

BIKIN SOTO GOMBONG DAN MENDOAN RESEP DARI BISIK-BISIK

DARI MANA IDE SEBUAH TULISAN